Sabtu, 22 Juni 2013

Manusia dan Harapan

Harapan pastinya setiap manusia mempunyai yang namanya "HARAPAN"..harapan muncul ketika adanya sebuah jalan yang pasti yang diyakini oleh seseorang. Pastinya harapan merupakan sesuatu yang sangat diyakinkan dan dipercaya maka dari itu agar harapan dapat tercapai harapan tersebut harus ada pada tempat yang tepat dan hanya berharap kepada TUHAN maka harapan itu menjadi tepat lalu mewujudkannya dengan cara berusaha dengan sungguh-sungguh. Harapan itu sangatlah penting bagi setiap manusia karena apabila kita mempunyai harapan pasti kita akan mampu untuk memiliki angan-angan dikemudian harinya dan memiliki keterkaitan dengan cita-cita apa yangaka dilakukan manusia itu kedepannya agar cita-citanya terwujud.
Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintar. Antara harapan dan cita-cita terdapat persamaan yaitu : keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat. Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni ditengah suatu keluarga dan anggota masyarakat lainnya. Dalam satu contoh mahasiswa pasti ingin memiliki harapan indah dimasa depannya dan lulus dengan nilai yang terbaik dan mendapatkan banyak link untuk bekerja. Dalam satu sisi mahasiswa tersebut harus berpikir bagaimana caranya untuk lulus dan mendapatkan nilai yang bagus sekaligus mendapatkan link pekerjaan yang nyaman dan bergaji besar, yaitu dengan cara banyak belajar dengan mahasiswa lain dan saling bertukar pikiran antara sesama mahasiswa dengan tujuan yang sama yaitu lulus dengan nilai yang bagus dan juga memperbanyak teman dari berbagai fakultas, banyak-banyak berinteraksi antar sesama mahasiswa agar wawasan kita luas dan  kita bisa menemukan teman-teman baru dalam pergaulan kita.
Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. Sesuai dengan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1. kelangsugnan hidup
2. keamanan
3. hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4. diakui lingkungan
5. perwujudan cita-cita

SEBAB-SEBAB MANUSIA MEMPUNYAI HARAPAN
Ada 2 hal yang menyebabkan seseorang memiliki harapan, yaitu :
1. Dorongan Kodrat
Kodrat adalah sifat, keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah terwujud dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan.
Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, sedih, dan bahagia.
Dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat, kodrat pembawaan dan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat, dan hidup bersama dengan manusia lain.
Dengan kodrat inilah, manusia memiliki harapan.
2. Dorongan Kebutuhan Hidup
Manusia memiliki kebutuhan hidup, umumnya adalah kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk memenuhi kebutuhan itu manusia harus bekerja sama dengan manusia lain. Hal ini disebabkan karena kemampuan manusia sangat terbatas baik kemampuan fisik maupun kemampuan berpikirnya
Opini: Harapan adalah hak yang dimiliki oleh semua manusia. Karena dengan adanya harapan, kita akan mempunyai kepercayaan terhadap sesuatu yang akan terjadi dikemudian hari menjadi kenyataan yang kita inginkan, dari harapan tersebut pastilah setiap manusia menginginkan sesuatu yang baik kedepannya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar