ILMU SOSIAL DASAR 1
TUGAS
1.ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah
sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Dan
mengajarkan mahasiswa bahwa kita hidup bukan di dunia milik pribadi,tetapi
banyak orang-orang yang berada di sekitar kita untuk tidak berperilaku dengan
seenaknya saja.
Tujuan ISD :
• Mahasiswa dapat memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan
sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
• Mahasiswa mempunyai rasa kepekaan terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha menaggulangiya.
• Mahasiswa bisa menyadari bahwa setiap masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompeks dan hanya dapat
mendekatinya dengan mempelajari masalah itu secara kritis-interdisipliner.
• Mahasiswa dapat memahami jalan pikiran para ahli
dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam
penanggulangan masalah sosial dalam masyarakat.
Mahasiswa juga diharapkan tidak melanggar norma-norma
yang berlaku di masyarakat dan bisa menjadi panutan yang baik dalam segala hal
bagi lingkungan sekitarnya sebagai seseorang yang berpendidikan atau kuliah di
perguruan tinggi karena dari awal sudah di ajarkan Ilmu Sosial Dasar.
Ilmu pengetahuan dikelompokkan dalam 3 kelompok besar
yaitu :
1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu
alamiah bertujuan
mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam
alam semesta.
Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah.
Caranya ialah dengan
menentukan hokum yang berlaku mengenai
keteraturan-keteraturan itu,
lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
Hasil analisis ini
kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat
prediksi. Hasil
penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah
2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu
sosial bertujuan untuk
mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam
hubungan antara
manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode
ilmiah sebagai
pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil
penelitiannya tidak 100 %
benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah
keteraturan dalam
hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari
saat ke saat.
3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan
untuk memahami dan
mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat
manusiawi. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan
peristiwa-peristiwa dan
kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian
diberi arti.
Kehidupan manusia sebagai mahluk sosial selalu
dihadapkan kepada
masalah sosial yang tidak dapat dipisahkan dalah
kehidupan. Masalah sosial
ini timbul sebagai akibat dari hubungannya dengan
sesame manusia lainnya
dan akibat tingkah lakunya.masalah sosial ini idaklah
sama antara
masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya karena
adanya perbedaan
dalam tingkat perkembangan kebudayaannya, serta sifat
kependudukannya,
dan keadaan lingkungan alamnya.
TULISAN
1.1 PENGERTIAN, TUJUAN ISD DAN IPS
ISD atau ilmu sosial dasar adalah mata kuliah yang
mempelajari masalah-masalah sosial yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia
dengan mengunakan pengertian-pengertian(fakta, konsep, teori) yang berasal dari
berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi,
geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psychology sosial.
Tujuan ISD dan IPS :
ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan
memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai),
persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat
ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi
lebih besar.
1.2 ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
lmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial memiliki
dasar memiliki persamaan dan perbedaan. Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara keduanya adalah :
a. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari
kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya yaitu
a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah
tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata
pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan
sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada
pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
1.3 RUANG LINGKUP ISD
a. Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar
atau elementer saja yang sangat diperlukan
untuk mempelajari masalah-masalah sosial
yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
b. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang
antara satu dengan yang lain saling berkaitan
c. Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara
bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi
secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar
belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita
menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
Sumber :
http://yanezzcihuy.wordpress.com/2011/03/22/bab-1-pengertian-dan-tujuan-isd-dan-ips/
http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://yanezzcihuy.wordpress.com/2011/03/22/3-bahan-golongan-pelajaran-isd/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar